Laman

Jumat, 23 Mei 2014

UGM Buka Jalur Mandiri



YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Ujian Mandiri (UM). Sesuai ketentuan dari pusat, kuota mahasiswa baru untuk jalur ini 20 persen atau 1.257 kursi dari data tampung secara keseluruhan.
Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Prof dr Iwan Dwiprahasto MMedSc PhD kepada wartawan dalam jumpa pers di ruang Fortagama, Jumat (23/5). Untuk tahun ajaran 2014/2015, UGM memiliki daya tampung 9.200 kursi.

"Ada perbedaan dalam pelaksanaan tes tertulis. Jika tahun-tahun sebelumnya ujian diselenggarakan dua hari, tahun ini cukup sehari saja. Materi yang diujikan meliputi tes kemampuan dan potensi akademik serta tes kemampuan dasar. Ujian akan dilangsungkan tanggal 14 Juni 2014 di empat lokasi, yakni Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru dan Balikpapan," katanya.
Lokasi pelaksanaan ujian tertulis, kata Prof Iwan berdasarkan permintaan dari alumni yang tergabung dalam Kagama. Untuk tahun ini, kebetulan selain Yogyakarta ada tiga lokasi lain. Untuk tahun depan tidak menutup kemungkinan lokasi ujian akan berpindah, sesuai masukan dari alumni.
Mengenai syarat untuk mengikuti UM UGM, adalah siswa lulus dari satuan pendidikan dan Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2012, 201 dan, 2014.
Untuk alumni 2012 dan 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan beserta cap sekolah. Pendaftarannya dibuka antara 11 April hinga 17 Juni 2014. Untuk informasi lengkap dapat dilihat di http://um/ugm.ac.id. (Krjogja/LintasKebumen©2014)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE