Laman

Minggu, 06 April 2014

Aktivitas Gunung Slamet Masih Tetap Dipantau

image
Tim Tagana Sedang Memantau Aktivitas
Gunung Slamet
KARANGLEWAS,BANYUMAS - Sejumlah anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) hingga Kamis (3/4) masih memantau aktivitas vulkanik Gunung Slamet di Gardu Pandang sekaligus Posko Siaga Bencana di Dusun Semaya Desa Sunyalangu Kecamatan Karanglewas.
Koordinator Tagana di Posko Semaya, Mochammad Yunus mengatakan hingga hari ini, aktivitas Gunung Slamet yang dapat dipantau dari poskonya adalah berupa embusan asap dan letupan. Dari catatan petugas posko yang berada di barat daya 11 kilometer dari Puncak Gunung Slamet itu terjadi embusan asap dan letupan 15 kali.
"Pengamatan dilaksanakan dari pukul 00.00 hingga tadi siang. Dibandingkan hari sebelumnya jumlah letupan dan embusan asap ini cenderung menurun yaitu sebelumnya mencapai 21 kali," katanya.
Dijelaskan oleh Yunus yang juga Kepala Dusun III Sunyalangu itu, hingga saat ini jumlah getaran beberapa kali masih terasa. Namun demikian, jumlahnya dan besarannya juga tak sebanding dengan getaran yang terjadi pekan lalu.
"Kondisinya sudah menurun dibandingkan pekan lalu. Kami berharap semua akan aman dan kembali normal kembali seperti sebelumnya," jelasnya.
Sementara itu Bupati Banyumas, Ir H Achmad Husein, yang turut meninjau lokasi posko ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Dengan status aktivitas vulkanik Slamet yang waspada, Bupati berharap agar pemantauan dari Dusun Semaya juga tetap dilaksanakan.
"Kami imbau agar warga tetap waspada. Apalagi karakteristik Gunung Slamet konon katanya terbilang unik dan bisa berubah-ubah setiap saat," katanya.
( Susanto/CN31/ SMNetwork/JuniAminudinBloG 

DAFTAR BLOG TER-UPDATE