Laman

Rabu, 28 Mei 2014

Pesilat Konto Kebumen Ikuti ''Pencak Malioboro Festival III 2014"


YOGYAKARTA — Sebanyak 5.038 pesilat dari berbagai pelosok Nusantara, bahkan luar negeri, mulai Jumat (30/5/2014), bakal menggebrak Kota Yogyakarta. Kedatangan ribuan pesilat Nusantara ini ialah dalam rangka mengikuti gelaran Pencak Malioboro Festival III 2014.

"Pencak Maliboro Festival III 2014 akan digelar mulai 31 Mei 2014 sampai dengan 1 Juni 2014," kata Ketua Panitia Pelaksana PMF III Ludyarto Bimasena, Rabu (28/5/2014).


Ludyarto mengungkapkan, selain pesilat dari seluruh perguruan se-Nusantara, turut hadir pula pendekar-pendekar silat dari luar negeri. Dari luar DIY, tercatat antara lain perguruan Garis Paksi, Maenpo, Gerak Gulung Budi Daya, Cimande, Cikalong, Silat Betawi, Gerak Rasa Si Kilat, dan Paguyuban Silat Konto Kebumen.

"DIY ada 4.190, luar DIY 892. Total ada 5.038 pesilat yang akan hadir di acara Pencak Maliboro Festival III 2014," ucap Ludyarto.

Silat Konto adalah salah satu seni bela diri asli Panjer (nama lama dari Kabupaten Kebumen) adalah Pencak Jawa yang kemudian lebih dikenal dengan istilah Konto. Istilah konto meminjam salah satu nama seni bela diri Cina yakniKun Tao; seni bela diri yang menitikberatkan pada penyelarasan dan penyatuan diri dengan alam.

Meski demikian, Pencak Jawa yang telah ada sejak masa kerajaan ini memiliki gerakan khas Kebumen yakni perpaduan antara ketegasan, ketenangan serta kesantunan. Pada perkembangannya Konto kemudian menjadi pelajaran bela diri di pesantren-pesantren.

Selain itu Konto diaplikasikan dalam kesenian Islam Pesantren Kebumen yang dikenal dengan JOS (Jamaah Olah Raga Silat) yang merupakan perpaduan antara Konto dengan lantunan seni Sholawat Al-Barjanji. Kesenian JOS berkembang di Kebumen dan Kemitir. Kegiatan latihan para pendekar Konto pada umumnya dilaksanakan setiap malam purnama di berbagai wilayah di seluruh Panjer (kini Kabupaten Kebumen). (Kom/RavieAnanda/LintasKebumen©2014)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE