Laman

Selasa, 16 April 2013

Gedong Songo

        Ketika baru saja menapakan kaki di Candi pertama, saat kaki mulai terasa penat. Saat itulah para tukang kuda mulai menawarkan kudanya untuk disewa guna menapaki candi-candi berikutnya yang semakin tinggi sesuai urutannya. Candi Gedong Songo, yang berarti sembilan candi dengan lokasi yang paling tinggi adalah candi dengan angka yang paling besar urutannya. Candi Gedong Songo, yang berarti sembilan candi dengan lokasi  yang paling tinggi adalah candi dengan  angka yang paling besar.
          Kata Gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan sehingga kurang lebih candi yang berjumlah sembilan. Candi yang terletak di Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200-1800 meter diatas permukaan air laut ini memang sangat unik. Pada awalnya disebut Gedong pitoe karena pertama kali ditemukan oleh Rafles hanya terdiri dari tujuh bangunan candi. Namun kemudian ditemukan dua  candi lagi walaupun dalam keadaan tidak utuh. Candi-candi yang terletak di Gunung Ungaran ini diyakini sebgai Candi Hindu dengan ditemukannya arca-arca Hindu yang terletak didalam dan sekitar lokasi candi. Diantaranya ditemukannya arca Ciwa Mahadewa, Ciwa Mahaguru, Ganeca, Durga Mahisasura Mardhini, Nandi Swara, Mahakala dan Yoni yang ada di bilik candi. Keistimewaan yang lain dari Gedong III, dan Yoni dalam bentuk persegi panjang pada bilik Candi Gedong I.
          Mengenai kapan berdirinya Candi Gedong Songo tidak ada yang tahu pasti, namun diperkirakan oleh para ahli bahwa candi-candi tersebut telah dibuat semasa dengan pembuatan Candi Dieng yang dibuat pada kurun waktu abad VII-IX Masehi pada masa Dinasti Syailendra. Hal ini diketahui dari artefak-artefak yang ditinggalkan di sekitar lokasi candi, serta adanya kemiripan-kemiripan pada  fisik antara Candi Gedong Songo dan Candi Dieng. Lokasi kedua candi yang terletak di ketinggian gunung semakin menambah keyakinan bahwa kedua candi tersebut dibangun pada masa yang sama.
           Boleh dikatakan kalau Candi Gedong Songo tidak hanya menawarkan wisata sejarah, namun juga menawarkan wisata keindahan alam juga wisata olahraga. Candi yang terletak di ketinggian Gunung Ungaran ini memang menampilkan pesona alam yang luar biasa karena lokasinya yang terletak di ketinggian gunung. Selepas gerbang masuk Candi, berjalan sedikit ke atas sudah terlihat lokasi candi pertama yang merupakan candi yang terletak di lokasi yang paling bawah.
           Setelah candi demi candi dilalui, sampailah kita pada lokasi candi yang keempat. Di depan lokasi candi keempat terdapat lapangan yang cukup luas, kurang lebih dua kali lapangan sepakbola oleh warga sekitar, buat perkemahan atau buat acara-acara tetentu,"begitu tutur Pak Slamet salh satu pegawai Candi Dedong Songo ini. Pemandangan lain, yaitu sumber air panas alam. kita juga bisa ditemui antar perjalanan antara lokasi candi ketiga dan keempat. Disamping sumber air panas tersebut, disediakan tempat mandi dengan tempat tertutup, sehingga buat yang mau menikmati sumber air panas bisa meluangkan waktu untuk mandi.
            Akhirnya sampailah kita pada lokasi candi yang kelima atau merupakan lokasi candi terakhir dan tertinggi. Begitu memasuki peralatannya, kita bisa bebas memandang ke bawah , bahkan kalau cuaca sedang cerah berurut-turut bisa kita lihat dari sisi selatan candi yaitu Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Merapi. Berlama-lama duduk di lokasi candi yang kelima ini memang sangat mengasyikkan, sampai-sampai tak terasa waktu makin sore dan Sang Tukang Kuda menghampiri untuk mengajak turun kembali. Ketika ditanya kepada Pak Latif, Si Tukang Kuda, "Mana empat candi lainnya PAk? kan jumlahnya seharusnya ada sembilan candi,"Tanya saya."Candi-candi yang lain sudah tidak utuh alias hanya berupa batu-batuan yang terlihat semacam situs,"Jawab Pak Latif. Akhirnya kami turun dengan melewati jalan yang berbeda ketika kami naik, dengan melewati kebun-kebun sayuran milik penduduk sekitar. Rasanya puas terasa di hati setelah mengelilingi areal Candi Gedong Songo, nilai sejarahnya, keindahan alamnya selalu mengajak kita kembali ke sana.

DAFTAR BLOG TER-UPDATE