Laman

Sabtu, 31 Mei 2014

61,25% Pencari Kerja di Kebumen Belum Terserap


image
KEBUMEN - Tidak sebandingnya antara jumlah tenaga kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia membuat jumlah pengangguran terus meningkat. Kondisi tersebut tak terkecuali terjadi di Kebumen.
Jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Nakertransos) Kebumen selama 2013 mencapai 16.373 orang. Dari jumlah tersebut, pencari kerja yang terserap hanya sejumlah 6.343 orang atau 38,75 persen. Sisanya sebanyak 61,25 persen masih belum terserap di dunia kerja alias masih menjadi pengangguran.
Sedangkan pada triwulan pertama tahun 2014, jumlah pencari kerja yang terdaftar mencapai 2.566 orang. Sedangkan penempatan tenaga kerja sejumlah 1.221 orang atau 47,59 persen. 
"Pasca kelulusan SMA/SMK ini dalam sehari rata-rata kami melayani 300 pemohon surat pencari kerja," ujar Kepala Dinas Nakertransos Kebumen Eko Widianto kepada Suara Merdeka di sela-sela "Job Market Fair Kebumen 2014" di Aula Setda Kebumen, Sabtu (31/5).
Wakil Bupati Kebumen Djuwarni berharap kegiatan bursa pasar kerja tersebut dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja, baik di dunia usaha maupun industri. Hal itu akan berdampak pada berkurangnya jumlah pengangguran di Kebumen.
"Kegiatan ini merupakan wujud upaya Pemkab Kebumen untuk memfasilitasi dan mendekatkan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja," imbuh Djuwarni. 
( Supriyanto / CN19 / SUARAMERDEKA 

DAFTAR BLOG TER-UPDATE