Laman

Sabtu, 31 Mei 2014

Ribuan Pencari Kerja Padati Job Market Fair Kebumen


image
KEBUMEN - Ribuan pencari kerja memadati "Job Market Fair Kebumen 2014" di Aula Setda Kebumen, Sabtu (31/5). Bahkan sebelum acara dibuka oleh Wakil Bupati Kebumen Djuwarni, para pencari kerja itu rela menunggu di luar gedung.
Setelah pintu dibuka, sempat terjadi dorong-dorongan. Karena kapasitas gedung yang tidak mencukupi, para pencari kerja yang didominasi oleh lulusan SMK tersebut rela antre. Panitia sempat menerapkan sistem buka tutup sampai pengunjung tidak terlalu padat.
Bursa pasar kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Nakertransos) Kebumen bekerjasama dengan Asosiasi Bursa Kerja Khusus SMK itu akan berlangsung hingga Minggu (1/6).
Adapun acara pembukaan dihadiri oleh oleh pasar kerja dan dihadiri Sekretaris Daerah Adi Pandoyo dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Kebumen. Hadir perwakilan perusahaan peserta job market fair dan kepala SMA/SMK di Kebumen.
Kepala Dinas Nakertransos Kebumen Eko Widianto menyampaikan, job fair tahun ini diikuti oleh 35 perusahaan dari Kebumen maupun luar daerah. Dari luas Kebumen antara lain PT Toyo Seal, Kompas Gramedia Group, dan PT Astra Honda Motor Tbk dari Jakarta.
Ada lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk mengisi kebutuhan sumberdaya manusia pada berbagai posisi.
"Ada untuk kualifikasi sarjana, namun sebagian besar untuk lulusan SMK," ujar Eko Widianto kepada Suara Merdeka di sela - sela acara.
Eko Widianto menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu fungsi layanan antar kerja untuk membantu mengurangi masalah minimnya informasi pasar kerja yang diterima oleh pencari kerja dan pengguna tenaga kerja.
Job fair tahun ini, imbuh dia, merupakan yang kedua kali setelah tahun lalu sukses digelar di STIE Putra Bangsa. Adapun membludknya jumlah pelamar karena momentum tahun ini bertepatan dengan pascakelulusan SMA/SMK. Apalagi tidak para pelamar tidak hanya datang dari Kebumen tetapi ada pula yang datang dari kabupaten tetangga.
( Supriyanto/SM 

DAFTAR BLOG TER-UPDATE