Laman

Sabtu, 07 Juni 2014

Kambing Kebumen Pun Ikut Pilpres 2014

image
KEBUMEN - Seekor kambing ikut menjadi pemilih pada pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres). Namun itu hanya terjadi pada Pilpres yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Kebumen, Kamis (5/6).
Dalam pemilu yang bersifat hiburan itu, seekor hambing ras Jawa milik H Zaini warga Kutowinangun diberikan hak untuk memilih presiden  di antara dua pilihan. Di dalam bilik terdapat dua manekin yakni yang mengenakan baju putih dengan nomor urut 1 dan manekin berbaju kotak-kotak dengan nomor 2. Di bawah manekin tersebut ditaruh daun-daunan dengan jumlah dan jenis yang sama.
Setelah itu, kambing jantan berumur sekitar tiga tahun dilepas dan dibiarkan memilih daun mana yang dipilih. Dari lima percobaan, percobaan pertama si kambing tampak mondar mandir saja dan tidak memilih satu pun calon. Kemudian, atraksi kedua, kambing mendekati manekin nomor dua sebelum pindah dan berhenti ke manekin nomor 1.
Untuk yang ketiga kalinya, manekin tukar posisi. Yang semula nomor 1 di sebelah kiri dipindah ke kanan, begitu sebaliknya. Jack nama kambing itu mendekat di antara dua manekin. Percobaan keempat Kambing mendekati nomor satu dan yang terakhir lebih memilih jalan-jalan saja.
Ketua Panitia Mundari (50) mengatakan, kegiatan itu sekadar mengalihkan suasana agar menjelang Pilpres ini masyarakat tidak terlalu tegang. Pasalnya dia melihat masyarakat sekarang menyikapi Pilpres terlalu serius sehingga menjadikan stres.
"Ya, kalau sesuai pilihannya Jack tadi lebih memilih nomor 1 yang memakai baju putih dibandingkan nomor 2 yang memakai baju kotak-kotak," ujar warga Desa Sidomulyo, Ambal tersebut.
( Supriyanto / CN34 / SMNetwork )

DAFTAR BLOG TER-UPDATE