Laman

Rabu, 25 Juni 2014

Tanaman Padi Kebumen Dibabat Akibat Wereng



KARANGSAMBUNG - Serangan hama wereng memaksa petani di Desa Kalisana, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, membabat habis tanaman padinya yang sudah berumur sekitar dua bulan.

Luas lahan padi yang terserang wereng mencapai puluhan hektare. Hamam (66) petani setempat, mengaku rugi ratusan ribu akibat lahan padinya seluas 150 ubin hancur diserang wereng. Upaya penyemprotan dengan obat pembasmi hama sudah dilakukan. Namun tidak mampu menghilangkan serangan wereng.
"Kerusakan akibat wereng sangat parah hingga tanaman tidak bisa diselamatkan. Kalau sudah begitu, mau diapakan lagi, lebih baik diganti tembakau," ujar Hamam yang langsung membajak tanaman padinya yang terserang wereng untuk diganti tembakau.

Petani berharap cuaca mendukung agar bisa panen tembakau dengan baik. Saat panen, harga tembakau juga diharapkan tidak anjlok sehingga bisa untuk menutup kerugian akibat wereng. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, harga tembakau anjlok hingga hanya Rp 4.000 perkilogram daun basah untuk kualitas baik. (KRjogja/LintasKebumen©2014)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE