Laman

Jumat, 11 Juli 2014

17 Ruas Jalur Alternatif Diperbaiki


KEBUMEN - Menghadapi Lebaran 2014, Pemkab Kebumen melakukan perbaikan terhadap 17 ruas jalan yang digunakan sebagai jalur alternatif arus mudik dan balik.

Perbaikan jalur alternatif itu, antara lain berada di wilayah Gom­­bong, Karanganyar, Kebu­men, Kutowinangun dan Prem­bun. Berdasarkan pantauan Suara Merdeka bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Sabtu (6/7) sebagian pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan jalan sudah selesai dilaksanakan dan sebagian lagi masih dikerjakan.

Salah satu pekerjaan yang sudah diselesaikan, yakni ruas jalan Kabuaran-Karanggetas Ke­camatan Prem­bun. Jalan alternatif yang meng­hubungkan Kebumen-Purworejo itu sudah selesai dicor beton sepanjang 1 km dengan lebar 4 meter dan ketebalan 30 cm.
Meski pengecoran telah selesai, perbaikan jalan yang menelan anggaran Rp 1,3 miliar itu masih ditutup untuk kendaraan. Selain menunggu cor beton benar-benar kering, pengurukan bahu jalan masih belum dilakukan. Kondisi itu cukup berbahaya, mengingat antara badan jalan dengan bahu jalan selisihnya mencapai 30 cm.

"Yang jelas, saat arus mudik nanti jalan ini sudah dapat dilalui," ujar Kepala DPU Kebumen Slamet Mustolkhah di sela-sela meninjau jalur tersebut.

Didampingi Kepala Bidang Bina Marga Haryono Wahyudi dan Kasi Pemeliharaan Jalan Misrodin, Slamet Mustolkhah menyampaikan, saat ini masih ada sisa 600 meter hingga perbatasan Purworejo.

Pihaknya telah mengusulkan perbaikan jalur itu kepada Pem­prov Jateng. "Mudah-mudahan tahun ini bisa dilanjutkan melalui perubahan APBD 2014," imbuhnya.

Sementara itu, perbaikan ruas Jalan Kabekelan-Lembupurwo sepanjang 12 km sebagian besar sudah selesai dikerjakan. Perbaik­an jalan alternatif yang meng­hubungkan antara jalan nasional Kebumen-Purworejo dengan Jalan Daendels atau Jalan Lintas Selatan-selatan (JLSS) itu sampai di Desa Patukgawemulyo Keca­mat­an Mirit. Khusus di jalur sepanjang 200 meter di desa itu dikerjakan dengan cor beton, lantaran jalan menjadi langganan banjir.

"Dengan cor beton seperti ini diharapkan kondisi jalan bisa lebih awet," imbuh Haryono Wahyudi. (SuaraMerdeka/LintasKebumen©2014)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE