Laman

Senin, 07 Juli 2014

Hati-hati Potensi Kriminalitas di Pasar Meningkat



BANYUMAS - Memasuki Ramadan dan mendekati lebaran, potensi kriminalitas di lingkungan pasar diprediksi meningkat. Untuk itulah pedagang dan pengunjung pasar diminta waspada.
Kepala Pasar Induk Ajibarang, Lilik Gunawan mengatakan sejumlah jenis kriminalitas sangat berpotensi muncul dengan memanfaatkan keramaian pasar.
Kriminalitas itu antara lain peredaran uang palsu, pencopetan, gendam dan tindak kejahatan lainnya. Untuk itulah pihak pengelola pasar memaksimalkan upaya penerangan kepada para pedagang dan pengunjung pasar.
"Melalui pengeras suara, kami terus imbau agar pedagang dan pengunjung mewaspadai potensi kejahatan yang terjadi di pasar. Pengalaman yang telah ada sebelumnya diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan pengalaman bagi pedagang dan pengunjung pasar," jelasnya.
Selain faktor ketertiban dan keamanan, dalam menghadapi keramaian Bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, kata Lilik, pihak pasar juga mengintensifkan upaya peningkatan kebersihan pasar. Pengangkutan sampah pasar yang meningkat selama Ramadan ini dilaksanakan tiga kali dalam waktu sehari. Dengan upaya ini maka kondisi pasar akan lebih terjaga.
"Biasanya dengan adanya Bulan Ramadan ini, maka volume sampah pasar baik yang organik dan anorganik akan meningkat. Karena tidak bisa dipungkiri tingkat konsumsi masyarakat pada saat puasa meningkat dibandingkan hari biasa," katanya.
Wakapolsek Ajibarang, Iptu Mudjono juga membenarkan jika selama Ramadan dan Lebaran maka potensi tindak kriminalitas akan cenderung meningkat. Untuk itulah selain peran aktif aparat keamanan, diharapkan masyarakat juga tidak lengah. Pasalnya selama bulan-bulan tersebut angka kejahatan cenderung meningkat.
"Perputaran uang pada saat ini tentunya meningkat, makanya kriminalitaspun cenderung meningkat. Makanya kami berharap warga masyarakat akan semakin waspada ketika bepergian atau meninggalkan rumah," katanya.
Mudjono juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan hati-hati ketika berkendara di lalu lintas. Apalagi saat ini kondisi lalu lintas kendaraan khususnya di seputaran Kota Ajibarang semakin ramai dan padat. Dengan volume jalan yang terbilang tetap dan beberapa ruas sedang dalam perbaikan maka potensi bisa saja terjadi.
(suaramerdeka/ Susanto / CN19 / SMNetwork )

DAFTAR BLOG TER-UPDATE