Laman

Jumat, 28 Maret 2014

125 Nelayan Kebumen Nikmati Sambungan Listrik Murah



KEBUMEN - Sebanyak 125 nelayan di Kebumen akan menikmati bantuan pemasangan listrik murah dari pemerintah. Pemasangan listrik murah dialokasikan bagi nelayan yang tersebar di 10 desa di enam wilayah kecamatan. 
"Bantuan pemasangan listrik itu diharapkan nelayan dapat memperoleh kenyamanan sehingga dapat bekerja secara optimal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya," ujar Bupati Kebumen Buyar Winarso, Kamis (27/3).

Selain listrik, nelayan juga dibantu mendapatkan sertifikat tanah. Sertifikasi bagi nelayan secara keseluruhan sebanyak 200 sertifikat tanah. Adapun lokasinya tersebar di lima desa di Kecamatan Ayah. Rinciannya Desa Banjarharjo 11 sertifikat, Desa Pasir 69 sertifikat, Srati 30 sertifikat, Karangduwur 11 sertifikat dan Argopeni 79 sertifikat.

"Dengan bantuan sertifikat hak atas tanah ini kami harapkan nelayan dapat memiliki kepastian hukum atas lahan yang ditempati," ujar Buyar seraya menyebutkan kedua program tersebut masih akan berlanjut.

Tarkait adanya nelayan yang belum mendapat sambungan listrik gratis, Bupati berjanji akan segera memberi bantuan. Karena itu dia meminta data nelayan secara akurat, terutama mereka yang belum mendapat sambungan listrik. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, drh Suhartilah Jumaryanti mengatakan, masih adanya nelayan yang belum mendapat sambungan listrik disebabkan beberapa hal. Selain karena nelayan memang tak punya dana, faktor lain adalah lokasi yang sulit terjangkau.

"Ada sejumlah wilayah yang memang susah dijangkau karena medannya yang berat, namun berkat kerjasama semua pihak akhirnya bisa terpasang," ujar Suhartilah. ( SupriyantoSM/ LintasKebumen )

DAFTAR BLOG TER-UPDATE