Laman

Selasa, 01 April 2014

Wafatnya Azrul Azwar-Eks Ketum IDI dan Ketua Kwarnas Pramuka


JAKARTA - Dunia kedokteran di Indonesia kembali kehilangan salah satu tokoh terbaiknya. Mantan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka sekaligus mantan ketua umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) periode 1988-1991 dan 1994-1997, Prof Dr dr Azrul Azwar, meninggal dunia. Azwar meninggal dalam usia 69 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)
Selain aktif dibidang kesehatan, beliau juga sempat menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia dan Ketua Stikes Binawan Jakarta. Azrul juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, Azrul wafat Selasa, 1 April 2014 pukul 17.50 WIB. Azrul Azwar diketahui lahir di Kutacane, Nanggroe Aceh Darussalam, 6 Juni 1945, beliau adalah seorang dokter dan ahli kesehatan masyarakat asal Indonesia. 

Menurut Zaenal, Azrul sebelum wafat memang tengah berjuang melawan penyakit kanker hati yang telah diderita sejak lama. "Padahal rencananya awal April ini beliau akan melakukan operasi namun sayang beliau harus terlebih dahulu meninggalkan kita," jelasnya.

Pencarian donor hati untuk cangkok memang cukup sulit untuk dilakukan. Zaenal mengatakan, Azrul pernah ke Malaysia dan negara lainnya untuk mencari donor namun belum ada yang cocok.

"Mungkin karena faktor usia juga," tutur Zaenal.

Saat ini jenazah masih berada di ruang VVIP RSCM Kencana. Para sekjen dan petinggi IDI saat ini sedang berada di rumah sakit. 

"Rencananya besok pagi beliau akan disemayamkan dulu di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Salemba sebelum akhirnya dikuburkan. Belum tahu apakah akan dibawa ke kampung halamannya atau bagaimana," jelas Zaenal.


* Berbagai Sumber

DAFTAR BLOG TER-UPDATE