Laman

Rabu, 14 Mei 2014

Gumuk Pasir Kebumen Dikeduk, Dijadikan Tambak Udang


image
KEBUMEN - Gumuk pasir di kawasan pesisir Pantai Bopong di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kebumen dikeduk. Rencananya kedukan yang berada sekitar 50 meter dari bibir pantai selatan itu akan dijadikan sebagai tambak udang.
Dari pantauan suaramerdeka.com, Jumat (9/5) di lokasi tersebut telah dikeduk ukuran 50x50 meter dengan kedalaman sekitar satu meter. Di sekitar lokasi kedukan tampak batang pohon cemara laut yang mati akibat tercerabut alat berat.
Namun aktifitas pengedukan sudah berhenti lantaran mendapatkan protes dari warga yang tidak setuju. Sekretaris Desa Surorejan Dalyono mengakui dia yang memprakarsai pengedukan gumuk pasir tersebut untuk dijadikan tambak udang. Karena mendapatkan protes dari sebagian masyarakat akhirnya untuk sementara alat berat yang telah beroperasi membuat kolam dihentikan.
"Karena kawasan yang menjadi lokasi ini merupakan tanah pertahanan, kami sedang mengajukan ijian kepada Kodim 0709 Kebumen. Secara lisan, kami mendapatkan ijin namun masih menunggu hitam di atas putihnya," klaim Dalyono saat ditemui suaramerdeka.com tidak jauh dari lokasi pengedukan.
Saat ini, Dalyono bersama 12 petani lain membentuk Kelompok Vaname Jaya. Mereka akan memindahkan lokasi pembuatan kolam di tanah gege yang sebelumnya dikelola petani untuk budidaya tanaman semangka dan singkong.
Lokasinya sekitar 50 meter di sebelah utara gumuk pasir. Rencananya di area itu akan dibuat 13 kolam ukuran 50x25 meter dengan kedalaman satu meter. Dalyono menjelaskan, ide membudidayakan udang vaname setelah mereka studi banding ke pesisir selatan Purworejo yang sukses membudidayakan udang.
Apalagi setelah melihat potensi yang ada, pesisir Desa Surorejan dinilai cocok untuk membudidayakan udang yang hidup di air payau tersebut.
( Supriyanto / CN37 / SMNetwork

DAFTAR BLOG TER-UPDATE