Laman

Senin, 26 Mei 2014

Kemendag Beri Bantuan Sarana Usaha



JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memberikan bantuan usaha kepada lima kabupaten di Jawa Tengah berupa gerobak dan tenda dalam membantu para pengusaha kecil menjalankan roda perekonomiannya. Sebanyak 500 unit tenda dan 210 unit gerobak tersebut akan diberikan pada Kabupaten Banyumas, Magelang, Demak, Cilacap, dan Kebumen.

Pemberian bantuan yang diberikan secara simbolisasi oleh Wakil Menteri Perdagangan pada lima kabupaten tersebut terdiri dari 50 unit gerobak dan 100 unit tenda kepada Pemerintah Banyumas. Sedangkan Kabupaten Magelang, Demak, Cilacap, dan Kebumen masing-masing mendapatkan 40 unit gerobak dan 100 unit tenda.

"Gerobak dan tenda-tenda ini nantinya akan diberikan dari pihak kabupaten kepada para pedagang kaki lima (PKL) di wilayah masing-masing," ucap Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi saat membuka Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pangan Nusa di alun-alun Kota Purwokerto, Banyumas, Jumat (23/5/2014).

Sehingga, lanjut Bayu, dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan penghasilan bagi para PKL itu sendiri. "Program ini merupakan kegiatan Kemendag yang langsung menyentuh pada kebutuhan UKM (Usaha Kecil Menengah) dan PKL," ujarnya.

Sebelumnya Wamendag Bayu membuka Pameran Pangan Nusa dan Produk Dalam Negeri Regional di Kota Purwokerto, Banyumas. Pameran ini merupakan pameran yang kedua setelah Bandar Lampung menjadi lokasi pertama yang diselenggarakan pada 2-5 Mei 2014.

"Purwokerto mempunyai potensi kreasi pangan olahan dan kerajinan khas Banyumas beraneka ragam. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian daerah, memaksimalkan potensi pasar dalam negeri, menumbuhkan semangat kewirausahaan dengan munculnya wirausaha baru yang kompeten, dan menciptakan lapangan kerja baru," jelas Bayu.

Sementara itu Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (PDN Kemendag), Srie Agustina menjelaskan bahwa peserta UKM yang berpartisipasi dalam pameran ini berjumlah 100 UKM, yang terdiri dari 50 UKM peserta Pameran Pangan Nusa (PPN) dan 50 UKM peserta Pameran Produk Dalam Negeri Regional (PPDNR).

"PPN dan PPDNR masing-masing akan diisi oleh 50 stan yang terdiri dari 25 stan untuk 11 provinsi dan 25 stan untuk Kabupaten Banyumas dan sekitarnya," ungkap Srie.

(Alb/metrotv) 


DAFTAR BLOG TER-UPDATE