Laman

Rabu, 14 Mei 2014

Perubahan Perjalanan KA Mulai 1 Juni 2014


PURWOKERTO - Mulai 1 Juni 2014, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, akan menggunakan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) yang baru, menggantikan Gapeka 2013 yang sudah digunakan sejak 1 Maret 2013. Perubahan Gapeka ini ditetapkan berdasarkan Peraturan Dirjen Perkeretaapian Nomor KA.407/SK.162/DJKA/4/14," ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono.
Dijelaskan, beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam perubahan Gapeka tersebut, di antaranya telah siap 
dioperasikannya beberapa ruas jalur ganda yang baru, penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dengan operasional kereta rel listrik (KRL) di Jabodetabek. Selain itu, penambahan jumlah perjalanan KA, peningkatan kecepatan beberapa KA, dan perpanjangan relasi perjalanan beberapa KA.

Dikatakan, jalur ganda baru yang telah siap dioperasikan di antaranya lintas Pekalongan-Surabaya, ruas Prupuk-Larangan, Maja-Parungpanjang, dan Duri-Tangerang. Surono mengatakan dalam Gapeka 2014, jadwal perjalanan berbagai KA jarak jauh tujuan Jakarta disesuaikan dengan jadwal operasional KRL Jabodetabek.

"Jam-jam keberangkatan berbagai KA jarak jauh tersebut hampir seluruhnya berubah. Perubahan ini dilakukan untuk menghindari penuhnya 'traffic' perjalanan KA di lintas Jabodetabek pada jam sibuk, sehingga tidak mengganggu kelancaran jadwal 'Commuter Line'," ucapnya. (Dri)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE