Laman

Selasa, 17 Juni 2014

Sejuknya Waduk Sempor di Daerah Kebumen


SEMPOR - Kebumen adalah salah satu daerah dekat pantai di Jawa Tengah yang bersuhu tinggi. Namun, di tengah cuaca yang panas terdapat hembusan kesejukan dari Waduk Sempor. Udara Sempor yang sejuk, otomatis menarik kedatangan wisatawan.

Tak banyak destinasi wisata yang menawarkan kesejukan di daerah dekat pantai khususnya Kabupaten Kebumen. Namun, suasana berbeda bisa Anda jumpai saat mengunjungi Waduk Sempor.Sempor merupakan kampung kecil yang terletak kurang lebih 8 km ke utara dari pusat Kota Gombong, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berada di dataran dengan tinggi kurang lebih 30 meter di atas permukaan laut, waduk ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Disitulah letak Waduk Sempor atau warga sekitar biasa menyebutnya Bendungan Sempor.

Sejuk, itu kesan pertama yang saya rasakan ketika baru menginjakan kaki di Waduk Sempor. Tahu kenapa? Meskipun berada di wilayah kabupaten yang memiliki garis pantai, Waduk Sempor berlokasi di daerah perbukitan yang cukup tinggi.

Pemandangan air melimpah yang dibingkai dengan hijaunya pepohonan dan birunya cakrawala mampu memanjakan mata. Selain berada di wilayah perbukitan, waduk ini juga dikelilingi dengan ribuan pohon pinus.

Suasana ini sangat cocok dengan kita yang sudah bersahabat dengan panas dan tensi tinggi di Jakarta. Berkunjung ke waduk ini pada pagi hari menjelang matahari terbit, bisa membuat Anda menggigil kedinginan sekaligus takjub dengan panorama yang disuguhkan.

Selain lukisan alam perbukitan yang eksotis, waduk ini juga menghadirkan romantisme untuk dinikmati bersama pasangan atau teman-teman. Datanglah, sebelum matahari terbit! Anda bisa menikmati indahnya sunrise ditemani nyanyian merdu burung-burung yang menanti hangatnya mentari.

Gemericik aliran air yang berliku saat melewati bebatuan di sungai-sungai sekitar waduk ini juga terasa sangat tenang. Jika dirasa kurang, Anda bisa turun ke sungai untuk lebih menikmatinya. Daerah ini juga dilengkapi dengan fasilitas bersepeda, joging, maupun sekadar menghangatkan diri dengan berjalan menikmati fajar.

Tak perlu khawatir lelah karena berolahraga di kawasan ini. Setelah semua aktivitas relaksasi ini selesai, nasi putih atau kepok (makanan sejenis nasi yang terbuat dari beras ketan), bersama mendoan dan teh manis hangat siap menyegarkan kembali tubuh Anda dari rasa lelah yang melanda. (Detik/LintasKebumen©2014)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE