Laman

Jumat, 27 Juni 2014

Sidang Isbat Digelar Sore Ini



KEBUMEN - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) berencana menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadhan tahun ini. Sidang Isbat berlangsung di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat hari ini, Jumat (27/6/2014).

“Sidang Isbat baru akan kita adakan besok (hari ini), di Kemenag Thamrin,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Sjaifuddi, Kamis (26/6/2014) sore.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Agama Zubaidi mengatakan pemerintah mengundang seluruh organisasi masyarakat keagamaan tanpa terkecuali.

"Kami undang semua," kata Zubaidi, Jumat, (27/6).

Pemerintah membagi tiga rangkaian penentuan jatuhnya satu Ramadan. Pertama, melakukan penentuan posisi hilal secara ilmiah oleh peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Thomas Djamaluddin.

"Pemaparan ini dilakukan hingga Magrib," ujar Zubaidi.

Pemantauan hilal akan dilakukan di semua provinsi dan beberapa perguruan tinggi agama Islam. Petugas pemantau cukup handal dalam mengamati posisi letak bulan. Salah satunya akan memantau dari Pelabuhan Ratu.

Selanjutnya, sidang isbat dilakukan secara tertutup oleh Kementerian Agama bersama organisasi masyarakat. Keputusan hasil rapat akan diumumkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah acara sidang tertutup. (BS/LintasKebumen©2014)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE