Laman

Selasa, 20 Mei 2014

2 Siswa Tidak Lulus UN Berasal dari Sekolah Negeri

YOGYA - Dua orang siswa yang diketahui tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) tingkat SMK tahun ini di kota Yogyakarta justru berasal dari dua sekolah negeri yakni SMK Negri 3 Yogyakarta dan SMK Negri 5 Yogyakarta.



Kepala Seksi Pendidikan Menengah Atas Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Siti Bakhriatie menyatakan salah seorang siswa yang berasal dari SMK N 5 Yogyakarta diketahui mendapatkan nilai UN Matematika kurang dari 4. Hal yang sama juga terjadi pada siswa di SMK N 3 Yogyakarta.



Di SMK N 3 bahkan terdapat 4 siswa yang tidak lulus sekolah. Selain satu siswa nilai UN nya kurang, satu siswa diketahui tidak lulus karena tidak ikut ujian kompetensi dan ujian sekolah, satu siswa tidak ikut UN, satu siswa mendapat nilai kurang pada semester V dan VI.



"Jadi di SMK N 3 hanya ada satu siswa yang mengikuti UN dan tidak lulus karena mendapat nilai kurang dari persyaratan minimal untuk mapel metematika. Yakni 4," katanya.



Siti Bakhriati menyatakan angka ketidak lulusan tingkat SMK di Kota Yogyakarta pada tahun 2014 ini sendiri telah jauh menurun dibanding tahun lalu. Ia menyebut sejumlah siswa yang tidak lulus tahun lalu lebih banyak. 


Lebih lanjut ia menyatakan para siswa yang tidak lulus tersebut dapat memilih untuk mengulang pelajaran di tahun depan atau mengikuti program kesetaraan Paket C dengan ujian periode ke II yang akan digelar beberapa bulan ke depan.

"Untuk tingkat SMK biasanya anak sudah memiliki jaringan di lingkungan kerja. Sehingga meski tidak lulus mereka ada yang sudah bisa langsung bekerja. Sehingga biasanya tinggal melengkapi dengan ijasah paket C," katanya. (M-1)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE