Laman

Kamis, 03 April 2014

WASPADA: Gelombang Pasang akan Menyentuh Kebumen


KEBUMEN - Nelayan Kabupaten Kebumen mewaspadai potensi gelombang pasang akibat gempa yang terjadi di Chile. Antisipasi dilakukan dengan menjauhkan perahu dari bibir pantai."Nelayan tetap melaut. Namun ketika mendarat, perahu diparkir sedikit menjauh dari bibir pantai untuk mengantisipasi jika ada gelombang besar," ujar Komandan SAR Lawet Perkasa, Bejo Priyono, Rabu (02/04/2014).

Menurut Bejo, sebelum ada gempa bumi 8 Skala Richter pada kedalaman 10 kilometer di Pantai Utara Chile atau 240 barat laut Bombay India pada Rabu (2/4/2014) pukul 06.46 WIB, gelombang di perairan Kabupaten Kebumen sudah relatif tinggi.
Terkait dengan potensi gelombang besar menyusul gempa bumi di Chili, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen menyebarkan informasi agar mewaspadai kepada pamong dan tokoh masyarakat melalui surat dan voice early warning system (EWS).
"Masyarakat tidak perlu panik, namun harus tetap waspada dengan mengurangi aktivitas di pantai," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen, HA Dwi Budi Satrio. (krjogja/Suk)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE