Laman

Minggu, 11 Mei 2014

Car‬ Free Day Tak Mampu Tekan Polusi


KEBUMEN - Pelaksanaan Car free day (CFD) selama tiga jam di empat ruas jalan yang mengelilingi Alun-Alun Kebumen setiap Minggu pukul 06.00 sampai 09.00, ditengarai tak bisa menekan polusi udara di kawasan Alun-Alun Kebumen. Sebab, ribuan pengunjungnya sebagian besar justru membawa kendaraan bermotor yang diparkir di enam titik sekitar Alun-Alun.

"Setiap 'car free day' digelar bisa dilihat enam tempat parkir di enam ruas jalan menuju Alun-Alun, selalu dipadati ratusan sepeda motor dan puluhan mobil pribadi milik pengunjung," ujar Ketua Forum Peduli Lingkungan (FPL) Kebumen, Ir Sunaryo, di Kebumen, Minggu (11/05/2014).
Sunaryo memperkirakan setiap digelar jumlah pengunjungnya mencapai ribuan orang. Ditilik dari kendaraan bermotor yang mereka bawa, diperkirakan banyak pengunjung yang berasal dari berbagai desa di luar kota Kebumen.
Setelah memasuki kawasan Alun-Alun, pengunjung memadati lapak-lapak pedagang makanan, bersantai di taman atau bersenam massal, berolahraga jalan kaki, lari, sepatu roda, bersepeda serta anak-anak dan remaja bermain sepak bola.
"Di satu sisi sangat menggembirakan melihat antusias masyarakat untuk berekreasi menghirup udara segar kawasan Alun-Alun serta tergarapnya potensi ekonomi masyarakat dengan banyaknya pedagang makanan yang meraih pemasukan bagus saat kegiatan ini digelar," ujar Sunaryo. (Krjogja)

DAFTAR BLOG TER-UPDATE