Laman

Kamis, 03 April 2014

Kebumen Masih Kurang Ribuan Rambu lalu-lintas


 Pemasangan rambu dijalan raya
Karanganyar-Banyumas,
tepatnya sebelah timur
perlintasan kereta api
Karanganyar.
KEBUMEN - Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kebumen, disepanjang jalan raya milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen masih kekurangan 2.376 rambu-rambu lalu-lintas. Sampai tahun 2013 kemarin, jumlah rambu-rambu lalu-lintas yang telah dipasang oleh Dishubkominfo Kebumen sebanyak 1.070 rambu.

Selain rambu-rambu lalu-lintas, sampai tahun 2013 kemarin , Dishubkominfo Kebumen juga telah memasang 15 traffic light , 4.976 marka jalan, 107 Rambu Pendahulu Penunjuk Jalan (RPPJ) dan 1500 Guardrail dijalan raya milik Kabupaten.

Pada pertengahan tahun 2014 ini, Dishubkominfo berencana akan menambah pemasangan rambu-rambu lalu-lintas dijalan milik Pemkab Kebumen.Meski begitu, jumlah rambu yang akan dipasang jumlahnya kurang dari 10 persen dari jumlah kekurangan secara keseluruhan.

" Mengingat anggaran untuk pengadaan ramb-rambu lalu-lintas ini sebagian besar berasal dari pemerintah pusat dan jumlahnya juga sangat terbatas,"terang Aisna Hariyani SSiT, Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa dan Sarpras Dishubkominfo Kebumen, Kamis(3/4) saat ditemui diruang kerjanya.

Aisna menambahkan, meski sudah banyak rambu-rambu yang rusak , namun sementara ini pihaknya baru akan fokus untuk melakukan penambahan. Sedangkan pembaharuan bagi rambu yang rusak , kemungkinan tahun ini juga dilakukan, namun belum tau kepastianya. Penambahan pemasangan rambu besok sendiri akan difokuskan disepanjang jalan raya perkotaan dan di kecamatan Buayan.

Lanjut dia, sebenarnya saat ini Dinas Perhubungan provinsi juga tengah melakukan penambahan pemasangan rambu-rambu lalu-lintas. Akan tetapi mereka hanya memasang khusus di jalan raya milik pemerintah provinsi saja. Karena untuk pemasangan rambu-rambu dijalan raya milik pemerintah provinsi, menjadi kewenangan Dinas Perhubungan provinsi. Jumlah rambu yang dipasang oleh mereka juga belum diketahui, karena biasanya laporan pemasangan dari Dishub provinsi ke Dishubkominfo Kebumen disampaikan akhir tahun.

"Dengan medan jalan raya di Kebumen yang banyak tikungan dan beberapa diantaranya naik turun. Keberadaan rambu-rambu lalu-lintas memang sangat diperlukan untuk menekan angka kecelakaan,"tuturnya.(nto)


Foto: Pemasangan rambu dijalan raya Karanganyar-Banyumas, tepatnya sebelah timur perlintasan kereta api karanganyar.

DAFTAR BLOG TER-UPDATE